UGM-Selandia Baru kerja sama riset di Indonesia timur

Terbit pada .

31Yogyakarta (ANTARA News) - Universitas Gadjah Mada Yogyakarta dan Selandia Baru melakukan kerja sama riset dalam pengembangan sumber daya ekonomi lokal pulau-pulau terpencil di daerah Indonesia bagian timur.

"Proyek kerja sama yang dilakukan selama lima tahun itu diprioritaskan pada riset pengembangan energi terbarukan, manajemen risiko bencana, pengembangan ekonomi kreatif, dan resolusi konflik," kata Rektor UGM Pratikno di Yogyakarta, Rabu.

Arkeolog: Gunung Padang struktur prasejarah terbesar Asia

Terbit pada .

30
BERITA TERKAIT:

Jakarta (ANTARA News) - Arkeolog asal Universitas Indonesia yang juga Ketua Tim Arkeolog dari Tim Terpadu Riset Mandiri (TTRM) Gunung Padang Ali Akbar mengatakan situs di Gunung Padang diperkirakan sebagai struktur prasejarah terbesar di Asia.

"Kalau berdasarkan studi literatur yang saya lakukan dan konfirm dengan beberapa arkeolog luar negeri, sudah dapat dipastikan ini (situs Gunung Padang) adalah bangunan prasejarah terbesar di Asia Tenggara. Dan bisa jadi terbesar di Asia," kata Ali Akbar usai meluncurkan buku Situs Gunung Padang Misteri dan Arkeologi di Jakarta, Selasa.

Mendikbud : situs Gunung Padang untuk pembelajaran peradaban

Terbit pada .

29Cianjur (ANTARA News)- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia M Nuh mengharapkan pengungkapan ilmiah situs Gunung Padang  dapat memberikan pengetahuan pada masyarakat Indonesia.

"Situs ini sangat menakjubkan dan luar biasa. Rakyat Indonesia bisa tahu peradaban bangsanya, dimana situs ini nantinya sebagai tempat pembelajaran," ujarnya.

Hal tersebut diungkapkannya saat pertamakali menginjakkan kaki di situs tersebut, Kamis.

Jabar serius tindaklanjuti riset situs Gunung Padang

Terbit pada .

28Bandung (ANTARa News) - Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar menegaskan Pemprov Jabar serius menindaklanjuti hasil riset oleh berbagai peneliti dari berbagai bidang terhadap situs Magalitikum Gunung Padang Kabupaten Cianjur, yakni dengan membuat aturan-aturan yang ada.

"Ya, saya dengar presiden sudah mendukung atas situs Gunung Padang ini dan akan mengeluarkan inpres. Ya kita akan dukung. Pokoknya kita akan serius mengurusi masalah ini, baik itu dalam soal penelitian atau ekskavasi situs Gunung Padang," kata Deddy Mizwar, di Kota Bandung, Kamis.

Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan Sejalan dengan Kurikulum 2013

Terbit pada .

26Jakarta, Kemdikbud --- Pendidikan yang baik dan keberadaan lingkungan yang baik menjadi pendukung utama dalam pembangunan berkelanjutan. Lingkungan yang baik, tentunya harus terus dijaga secara berkesinambungan hingga ke generasi selanjutnya. Terkait dengan perubahan iklim yang saat ini sedang terjadi, dunia pendidikan mengambil peran penting untuk menjadi media transformasi.