Mendikbud: SMK Ponpes Siapkan Pemimpin Berbasis 'Grassroots'

Terbit pada .

43
BERITA TERKAIT:

REPUBLIKA.CO.ID, KUDUS -- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh menyatakan dukungannya terhadap pertumbuhan sekolah menengah kejuruan berbasis pondok pesantren, karena nantinya bisa menyiapkan pemimpin berbasis "grassroots" atau akar rumput.

"Seorang pemimpin dikatakan sempurna jika mampu menghidupi dirinya sendiri," ujarnya, ditemui usai meresmikan SMK NU Ma'arif 2 Kudus, di Kudus, Jumat malam.
Agar mandiri, kata dia, calon pemimpin harus memiliki keterampilan hidup, dan keberadaan SMK berbasis pondok pesantren ini merupakan bagian dalam menyiapkan hal itu.

Pelajar diminta berbenah hadapi "ASEAN Community"

Terbit pada .

Medan (ANTARA News) - Pelajar di Medan diharapkan terus menyiapkan dirinya untuk menghadapi perdagangan bebas ASEAN atau ASEAN Community, karena dengan berlakunya pasar bebas tersebut, persaingan akan semakin ketat.

"Mau tidak mau kita harus terus berbenah, termasuk kalangan pelajar. Karena kalau tidak kita akan tertinggal," kata Asisten Ekonomi Pembangunan Wali Kota Medan Ir Qamarul Fatah saat membuka forum sosialissi Asean (Asean Goes to School), Jumat.

Mendikbud: Tingkatkan Kompetensi untuk Hadapi AFTA 2015

Terbit pada .

42Jakarta, Kemdikbud --- Indonesia akan menghadapi era AFTA (ASEAN Free Trade Area), yaitu kawasan perdagangan bebas pada tahun 2015. Tantangan utama yang sedang dihadapi Indonesia adalah peningkatan daya saing dan keunggulan kompetitif di semua sektor. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh mengatakan, tidak ada pilihan lain bagi sumber daya manusia dalam menghadapi AFTA 2015 kecuali dengan meningkatkan kompetensi.

UGM-UI-ITB buka peluang pertukaran mahasiswa

Terbit pada .

40Yogyakarta (ANTARA News) - Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, dan Institut Teknologi Bandung membuka peluang pertukaran mahasiswa dan dosen melalui kerja sama tripartit yang sudah dirintis sejak tujuh tahun lalu.

"Pertukaran mahasiswa strata satu (S-1) itu memungkinkan masing-masing mahasiswa mengambil kuliah satu semester di perguruan tinggi di luar kampusnya," kata Ketua Tim Pelaksana Kegiatan Tripartit Universitas Gadjah Mada (UGM) Danang Parikesit di Yogyakarta, Rabu.

Korupsi Bisa Dibasmi dengan Pendidikan Karakter Sejak Dini

Terbit pada .

39Jurnas.com | KORUPSI berkaitan dengan karakter atau jati diri bangsa. Bangsa yang memiliki karakter dapat memerangi korupsi dengan lebih mudah.

Karena itu, pendidikan karakter bangsa harus diberikan kepada anak-anak di usia dini yakni ketika berada dalam pendidikan dasar dan menengah.

Hal inilah yang dilakukan negara Amerika Serikat dalam membangun karakternya yang secara tidak langsung mendidik anak tidak bermental korupsi.