Ini Pesan Rektor ITB pada Peserta SBMPTN

Terbit pada .

26
BERITA TERKAIT:

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Rektor ITB Akhmaloka berpesan, untuk anak-anak yang akan ikut Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), sebaiknya memilih jurusan berdasarkan minat dan kemampuannya.

"Jangan sampai misalnya minat di kedokteran, tapi sebenarnya kurang mampu. Namun tetap memaksakan diri dan akhirnya tidak lolos," kata Akhmaloka, baru-baru ini.

Menurut Akhmaloka, sebaiknya siswa memilih jurusan yang selain minat juga mampu. "Harus ada minat dan kemampuan agar berhasil dengan baik,"katanya.

Nih... 10 Kampus Penerima Peserta SNMPTN Terbanyak!

Terbit pada .

25JAKARTA, KOMPAS.com -- Universitas Brawijaya di Malang menjadi penerima calon mahasiswa melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) terbanyak. Unibraw menerima sekitar 6.056 calon mahasiswa baru.

Ketua Panitia SNMPTN Ganjar Kurnia mengatakan, penerimaan mahasiswa melalui seleksi masuk SNMPTN, sekitar 50 persen dari total daya tampung seluruhnya perguruan tinggi negeri. Sementara itu, sisanya dilakukan ujian tertulis Seleksi Masuk Bersama Perguruan Tinggi Negeri (SMBPTN) serta ujian mandiri.

Unpad, Perguruan Tinggi Paling Favorit di SNMPTN

Terbit pada .

23JAKARTA, KOMPAS.com - Universitas Padjajaran (Unpad), Bandung menjadi perguruan tinggi yang paling difavoritkan dipilih oleh peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2014.

Berdasarkan data yang dirilis panitia SNMPTN, Senin (26/5/2014), jumlah pendaftar SNMPTN adalah 777.536 orang. Pendaftar ke Unpad mencapai 72.272 orang. Kemudian diikuti UGM, USU, Undip, dan lainnya.

UI Sediakan 2.000 Kursi dalam SBMPTN

Terbit pada .

22REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Rektor UI Muhammad Anis  mengatakan, jumlah anak yang lolos SNMPTN di UI sebanyak  1700-an. Kursi yang tersisa untuk SBMPTN sebanyak  2.000 orang.

"Kemungkinan besar 2.000 kursi ini akan terpenuhi melalui SBMPTN. Saya yakin kalau hanya 2.000 kursi pasti anak-anak dengan kemampuan terbaik yang lolos masuk UI," kata Anis, Rabu, (28/5).