Pendidikan di Papua Harus Dievaluasi

Terbit pada .

25PEMERINTAH bercita-cita agar seluruh wilayah Indonesia memiliki kualitas pendidikan yang merata. Namun, masih banyak daerah di Nusantara yang kualitas pendidikannya terbelakang, termasuk Papua.

 

Pengembangan pendidikan di Papua dinilai belum berjalan maksimal. Maka, rendahnya tingkat pendidikan rata-rata masyarakat Papua menjadi akar permasalahan yang berdampak pada persoalan lain, yakni politik, sosial, maupun ekonomi.

Olimpiade Sains Nasional di Mataram Dibuka

Terbit pada .

6Mataram, Kemdikbud --- Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan bidang Pendidikan Musliar Kasim membuka secara resmi Olimpiade Sains Nasional (OSN) tahun 2014. Pembukaan OSN ke-13 ini diselenggarakan di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), Selasa (02/09/2014). Hadir dalam acara pembukaan ini sekitar 2718 orang, terdiri dari peserta lomba, para pendamping, guru, juri, serta panitia pusat dan daerah.

Kemdikbud Bentuk Unit Pengelola Beasiwa Pendidikan dan Kebudayaan

Terbit pada .

35Jakarta, Kemdikbud---Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) berdasarkan Keputusan Mendikbud Nomor 257/P/2014 segera membentuk Unit Pengelola Beasiswa Pendidikan dan Kebudayaan (UPB Dikbud). Dalam salinan keputusan yang diterima www.kemdikbud.go.id pada Selasa, 23/9/14, disebutkan bahwa keputusan tersebut dikeluarkan untuk meningkatkan efisensi dan efektifitas pengelolaan beasiswa.

Posisi Indonesia Naik ke Urutan 34

Terbit pada .

27Jakarta, Kemdikbud --- Indonesia membuat lompatan signifikan dalam daya saing di tingkat dunia dengan menempati urutan 34 dari 144 negara. Dalam laporan daya saing global (The Global Competitiveness Report/GCR) tahun 2014-2015 yang dimuat di website World Economic Forum (WEF) http://www.weforum.org, posisi daya saing Indonesia membaik dibandingkan laporan yang sama tahun 2013-2014, pada posisi 38. Sebelumnya, dalam laporan tahun 2012-2103 Indonesia berada pada posisi 50.

Seribu Guru Dapat Pelatihan IT

Terbit pada .

28REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kemendikbud bekerjasama dengan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) menggelar program IndiLearning.

Seribu guru terpilih akan mendapatkan pelatihan di bidang teknologi dan informasi, termasuk sosialisasi kurikulum 2013, pembelajaran abad 21, integrasi teknologi dan praktik terbaik pembelajaran inovatif, pemanfaatan media sosial untuk pembelajaran serta public speaking.

TK Negeri Pembina Tingkat Nasional Menjadi Pusat Rujukan PAUD Nasional

Terbit pada .

37Jakarta, Kemdikbud --- Pelaksana tugas (Plt) Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal dan Informal Kemdikbud Hamid Muhammad, didampingi Chief Education Cluster UNICEF Indonesia Nabendra Dahal, meresmikan Taman Kanak-kanak (TK) Negeri Pembina Tingkat Nasional sebagai pusat rujukan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Nasional. Peresmian dilakukan pada hari Kamis (25/09/2014), di Jakarta Selatan.

Juara OSN-LKS dapat bonus Rp42 juta

Terbit pada .

34Mataram (ANTARA News) - Sebanyak tujuh orang siswa yang meraih juara olimpiade sains nasional (OSN) dan lomba kompetensi siswa (LKS) tingkat nasional mendapatkan bonus dari Pemerintah Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, dengan nilai total Rp42 juta lebih.