Mendikbud Tegas Larang Aksi Perpeloncoan MOPDB

Terbit pada .

23Jakarta, Kemendikbud – Masa Orientasi Peserta Didik Baru (MOPDB) merupakan masa memperkenalkan aktifitas sehari-hari di sekolah agar peserta didik baru lebih siap mengikuti kegiatan belajar. Dengan pengertian tersebut, maka masa orientasi sifatnya harus lebih mendidik, dan bukan menyajikannya dengan perpeloncoan. Demikian disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan, saat inspeksi mendadak di SMK Negeri 4 Kota Tangerang, Rabu (29/07/2015).

Lulusan master ditargetkan meningkat tujuh kali lipat

Terbit pada .

22Jakarta (ANTARA News) - Rasio jumlah lulusan S2 atau master per satu juta penduduk Indonesia ditargetkan meningkat tujuh kali lipat pada 2025, kata Menteri Keuangan Bambang Bodjonegoro.

"Melalui upaya bersama antara pemerintah dan masyarakat, diharapkan rasio jumlah master per satu juta penduduk Indonesia meningkat dari sekitar 2.300 pada saat ini menjadi 16.000 master per satu juta penduduk Indonesia pada 2025," ujar Menkeu di Jakarta, Kamis.

Candi Borobudur Dibangun Berdasarkan Ilmu Astronomi

Terbit pada .

19
BERITA TERKAIT:
Magelang, Kemendikbud --- Candi Borobudur ternyata tidak hanya menyimpan kekayaan budaya dan legenda. Candi yang dibangun pada abad ke-7 ini dirancang berdasarkan ilmu astronomi oleh nenek moyang Indonesia pada masa itu. Hal itulah yang menjadi salah satu alasan dilaksanakannya International Olympiad on Astronomy and Astrophysics (IOAA) 2015 di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.
 
Di balik kemegahan Candi Borobudur, para ilmuwan astronomi dari Institut Teknologi Bandung (ITB) menemukan bahwa stupa utama Borobudur adalah alat penanda waktu (gnomon) yang memanfaatkan bayangan sinar matahari. Ini merupakan salah satu bukti bahwa nenek moyang bangsa Indonesia sudah mengerti dan menggunakan ilmu astronomi dalam kehidupan sehari-hari.

IOAA 2015 Resmi Dimulai

Terbit pada .

21Magelang, Kemendikbud ---International Olympiad on Astronomy and Astrophysics (IOAA) 2015 resmi dibuka oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan. Pembukaan ajang kompetisi internasional itu berlangsung dengan meriah di pelataran Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, pada Senin malam, 27 Juli 2015.