Hasil UN 2016 Diserahkan ke Panitia Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri

Terbit pada .

15Bandung, Kemendikbud --- Lembar jawaban ujian nasional (UN) siswa peserta ujian nasional berbasis kertas dan pensil (UNKP) tahun 2016 telah selesai dipindai oleh 37 perguruan tinggi negeri (PTN). Mendikbud Anies Baswedan menyerahkan hasil pemindaian UN tersebut kepada Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti), yang diwakili Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Dirjen Belmawa) Kemristekdikti, Intan Ahmad. Hasil UN selanjutnya diserahkan kepada Ketua Panitia Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Rochmat Wahab, untuk kemudian dijadikan sebagai salah satu pertimbangan seleksi calon mahasiswa masuk ke PTN.

Pelibatan Publik Melalui Ujian Nasional, 800.000 Orang Lebih Mendukung UN 2016

Terbit pada .

11Jakarta, Kemendikbud – Ujian Nasional (UN) untuk SMA/ sederajat telah selesai dilaksanakan pada hari Selasa (12/04/2016). Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang telah terlibat dalam gotong royong penyelenggaraan UN baik yang berbasis komputer (UNBK) maupun berbasis kertas dan pensil (UNKP). “Terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerjasama dan bekerja keras sehingga pelaksanaan ujian nasional berjalan dengan baik. Kemdikbud memberikan apresiasi atas dukungan para orangtua siswa, guru, kepala sekolah, pengawas, petugas sekolah, proktor UNBK, penulis soal, penelaah soal dari Perguruan Tinggi, pihak percetakan, pengepak soal, sopir, nahkoda, kurir yang mengirimkan naskah soal. Kami juga sampaikan apresiasi kepada Kemenag, Kemristekdikti, Kemkominfo, BPPT, Polri, TNI serta Pemerintah Daerah,” kata Mendikbud Anies Baswedan di Jakarta hari Rabu (13/04/2016).

Evaluasi UN, Kemendikbud Dorong UN Berbasis Komputer Serentak Per Wilayah

Terbit pada .

8Jakarta, Kemendikbud --- Penyelenggaraan Ujian Nasional (UN) tahun 2016 menggunakan dua metode, yaitu UN berbasis komputer (UNBK) dan UN berbasis kertas dan pensil (UNKP). Jadwal keduanya pun berbeda. Perbedaan jadwal UNBK dan UNKP sempat menimbulkan kekhawatiran akan dugaan bocoran dari peserta UNKP yang lebih dulu menyelesaikan UN (tiga hari), kepada peserta UNBK yang memiliki jadwal lebih panjang (enam hari).

Pengawasan Ujian Nasional Sudah Dimulai Sejak Tahap Perencanaan dan Penganggaran

Terbit pada .

14Jakarta, Kemendikbud --- Pengawasan ujian nasional (UN) tidak hanya pada saat pelaksanaan, namun sudah dimulai sejak tahap perencanaan dan penganggaran. Hal itu untuk memastikan pelaksanaan UN sesuai dengan peraturan yang ada. Hal tersebut dikatakan Deputi Bidang Pengawasan Instansi Pemerintah Bidang Politik, Hukum, Keamanan, Pembangunan Manusia, dan Kebudayaan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Binsar H. Simanjuntak saat meninjau pelaksanaan UN Berbasis Komputer (UNBK) di SMA Negeri 30 Jakarta bersama Inspektur Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Irjen Kemendikbud) Daryanto, Kamis (7/4/2016).