Peserta Simposium Internasional Austronesia Kenali Subak Bali Lebih Dekat

Terbit pada .

kemdikbudTabanan, Bali, Kemendikbud--- Selain sesi diskusi, rangkaian acaraThe International Symposium on Austronesian Diasporajuga meliputi tinjauan ke lapangan(fieldtrip).Para peserta diajak berkunjung ke situs Austro-tradisi Subak di Desa Jatiluwih, Kabupaten Tabanan, dan situs Austro-Protosejarah di Gilimanuk. Subak di Desa Jatiluwih menjadi tujuan pertamafieldtrip"Austronesian Diaspora"yang dilaksanakan di hari ke-3 pelaksanaan simposium, Rabu (20/7/2016).

Mendikbud Berikan Penghargaan kepada Arkeolog dari Perancis

Terbit pada .

kemdikbudBadung, Bali, Kemendikbud--- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan memberikan penghargaan kehormatan (honorary award) kepada arkeolog Museum National d'Histoire Naturelle, Francois Semah. Francoise dan Museum Nasional Sejarah Perancis itu dinilai banyak berjasa dan memberikan kontribusi terhadap perkembangan penelitian dan studi arkeologi di Indonesia.

Simposium Internasional Studi Austronesia Dorong Kerja Sama Antarnegara Migrasi Penutur

Terbit pada .

4Badung, Bali, Kemendikbud --- Austronesia adalah sebuah rumpun bahasa yang mencakup sekitar 1.200 bahasa yang dituturkan oleh populasi yang mendiami kawasan lebih dari setengah bola dunia. Meski memiliki kesamaan dalam pemanfaatan bahasa, kerja sama antarnegara-negara di daerah migrasi penutur Austronesia belum terjalin secara intensif. Karena itulah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Pusat Penelitian Arkeologi Nasional (Puslit Arkenas) menyelenggarakan simposium internasional tentang studi Austronesia yang diberi tajuk "Austronesian Diaspora". Penyelenggaraan simposium internasional ini juga didukung oleh Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman Kemendikbud.

Gua Harimau di Sumatera Selatan Bagai Rumah Peradaban Austronesia

Terbit pada .

kemdikbudBadung, Bali, Kemendikbud --- Simposium internasional tentang studi Austronesia tahun 2016 yang bertajuk "Austronesian Diaspora" turut membahas beberapa hasil penelitian para peneliti Indonesia tentang sejarah Austronesia di Indonesia, salah satunya penemuan Gua Harimau. Gua Harimau terletak di Desa Padang Bindu, Kecamatan Kikim Selatan, Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan. Gua ini ditemukan pada tahun 2008 dan mulai diteliti tahun 2009.

Hari Pertama Sekolah Meningkatkan Kolaborasi dan Komunikasi Orangtua dengan Guru

Terbit pada .

kemdikbudJakarta, Kemendikbud --- Mengawali tahun pelajaran baru di tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA). Menteri Pendidikan dan Kebudayaan menyampaikan beberapa gerakan yang belum lama ini dilaksanakan, antara lain gerakan mengantar anak di Hari Pertama Sekolah. Melalui gerakan tersebut, Menteri Anies menjelaskan bahwa ini merupakan suatu upaya untuk menghidupkan interaksi antara guru dan orangtua. Di mana interaksi ini nantinya akan meningkatkan kolaborasi antara kedua belah pihak. Karena kolaborasi antara guru dan orangtua merupakan faktor penting dalam pendidikan.

Antar Anak ke Sekolah Bangun Interaksi Orang Tua dan Sekolah

Terbit pada .

6Jakarta, Kemendikbud --- Sebagian besar sekolah di berbagai daerah di Indonesia memulai tahun pelajaran baru 2016/2017 pada Senin, 18 Juli 2016. Menjelang hari pertama sekolah tersebut, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendibud) Anies Baswedan mengimbau para orang tua agar meluangkan waktu untuk mengantarkan anaknya ke sekolah di hari pertama sekolah. Ia mengatakan, orang tua maupun sekolah sama-sama merupakan institusi pendidikan, sehingga harus terjalin interaksi dan kemitraan yang baik demi perkembangan pendidikan anak.

Halalbihalal Kemendikbud Meriah dengan Pakaian Daerah

Terbit pada .

5Jakarta, Kemendikbud --- Hari kedua bekerja pascalibur lebaran, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menggelar Halalbihalal bersama Mendikbud Anies Baswedan dan keluarga besar Kemendikbud. Acara halalbihalal tersebut terlihat meriah karena Mendikbud dan para pejabat dan pegawai Kemendikbud mengenakan pakaian tradisional.