Pesan Mendikbud untuk Peserta UN: Belajar, Cukup Tidur, dan Olahraga

Terbit pada .

7Jakarta, Kemendikbud --- Ujian Nasional (UN) untuk SMA/sederajat tahun pelajaran 2015-2016 akan berlangsung dalam enam hari lagi. Ada atmosfer yang berbeda dalam UN tahun ini, yakni berkurangnya ketegangan siswa, guru maupun orang tua, karena UN tidak lagi menjadi penentu kelulusan. Namun UN tetaplah penting sebagai ujian berstandar nasional untuk melihat standar kompetensi lulusan (SKL). Karena itu Mendikbud Anies Baswedan mengimbau para siswa peserta UN untuk tetap belajar dengan semangat, bersikap tenang, dan jujur dalam menghadapi ujian nasional.

Pelatihan Kurikulum Berjenjang, Kemendikbud Lakukan Pendampingan Sampai Tingkat Sekolah

Terbit pada .

kemdikbudDepok, Kemendikbud --- Pelatihan Kurikulum 2013 dilakukan berjenjang. Sebanyak 598 Instruktur Nasional telah lolos seleksi pada pelatihan yang berlangsung pada 20-24 Maret 2016. Selanjutnya para Instruktur Nasional tersebut akan memberikan pelatihan kepada Instruktur Provinsi yang berjumlah 3.661 orang. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan melakukan pendampingan pelatihan Kurikulum 2013, dari tingkat nasional, provinsi, kabupaten/kota, hingga sekolah sasaran.

Pelatihan Kurikulum 2013 Pascarevisi Gunakan Metode Pembelajaran Aktif

Terbit pada .

6Depok, Kemendikbud --- Revisi Kurikulum 2013 telah selesai. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah memulai pelatihan Instruktur Nasional Kurikulum 2013 pascarevisi dengan metode yang berbeda dibanding pelatihan-pelatihan sebelumnya. Pelatihan Instruktur Nasional Kurikulum 2013 didesain secara interaktif dan partisipatif oleh Narasumber Nasional dan tim fasilitator. Selama pelatihan, para Instruktur Nasional dirangsang untuk mengelaborasi seluruh pemikiran dan kemampuannya dalam bentuk diskusi kelas.

Tiga Aspek Instruktur Nasional Kurikulum: Pemahaman, Fasilitas, dan Sikap

Terbit pada .

5Depok, Kemendikbud --- Pelatihan Instruktur Nasional Kurikulum 2013 di tahun 2016 telah selesai. Pelatihan yang berlangsung selama lima hari, yaitu 20 s.d 24 Maret 2016, menghasilkan 598 orang sebagai Instruktur Nasional dari total peserta 666 orang. Selama pelatihan, para Instruktur Nasional tersebut dinilai oleh Narasumber Nasional berdasarkan tiga aspek, yaitu paradigma dan pemahaman (20%), kemampuan fasilitasi (40%), dan sikap (40%).

Pelatihan Instruktur Nasional Kurikulum Dimulai

Terbit pada .

4Bojongsari Depok, Kemendikbud --- Sebanyak 728 orang peserta calon Intruktur Nasional Kurikulum siap menjalani pelatihan. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan, resmi membuka pelatihan tersebut pada Minggu (20/3/2016) malam, di Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Kemendikbud, Bojongsari, Depok, Jawa Barat.