Balitbang Kemendikbud Gelar Acara Harmoni Bersama Masyarakat

Terbit pada .

Harmoni bersama masyarakatWarga Antusias dan Puas Mendapat informasi dan Layanan Pendidikan dan Kebudayaan. Bertempat di samping Gedung FX Jl.Jendral Sudirman, dengan memanfaatkan momentun Car Free Day, Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, menyelenggarakan acara Harmoni Bersama Masyarakat, Ahad, 22 Mei 2016, mulai pukul 06.00 WIB dibuka secara resmi oleh Totok Suprayitno, Kepala Balitbang Kemendibud. Turut berpartisipasi dalam kegiatan ini adalah Puslitjak, Puskurbuk,  Puspendik, Puslit Arkenas, Sekretariat Balitbang, BSNP, BAN PAUD & PNF, BAN S/M, IKAPI, ACDP dan ACER.

Temuan Arkeologi Baru di “Rumah Peradaban” Gua Harimau

Terbit pada .

kemdikbudJakarta, Kemendikbud --- Gua Harimau terletak di Desa Padang Bindu, Kecamatan Kikim Selatan, Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan. Gua ini ditemukan pada tahun 2008 dan mulai diteliti tahun 2009. Penelitian yang berlanjut sampai sekarang telah menghasilkan penemuan-penemuan spektakuler yang memberikan pandangan-pandangan baru kearkeologian.
Gua Harimau merupakan “Rumah Peradaban” yang sarat dengan kandungan sejarah, budaya, dan nilai-nilai peradaban. Rumah ini menjadi sangat penting untuk sarana pembelajaran, pengayaan, pencerdasan, dan pencerahan tentang kehidupan masa lampau. Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) pun menyelenggarakan kegiatan untuk memasyarakatkan Gua Harimau sebagai “Rumah Peradaban”.

Puncak Hardiknas 2016, Tema “Semua Murid Semua Guru” untuk Jadi Pembelajar

Terbit pada .

8Jakarta, Kemendikbud --- Puncak peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2016 dirayakan di kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan juga di Mal FX Sudirman Jakarta, Minggu (29/5/2016). Perayaan ini dimeriahkan berbagai penampilan yang disajikan oleh pelajar sekolah hingga pegiat pendidikan. Selain itu, dalam rangkaian acara tersebut juga ada pemberian penghargaan bagi para pelaku pendidikan.

UN Perbaikan Akan Diselenggarakan Agustus 2016

Terbit pada .

7Jakarta, Kemendikbud --- Ujian Nasional Perbaikan (UNP) adalah ujian nasional yang diselenggarakan untuk peserta didik pada jenjang SMA/Sederajat yang mencapai nilai UN kurang dari atau sama dengan 55,0 (lima puluh lima koma nol) pada suatu mata pelajaran, jadi bukan dihitung dari nilai rata-rata UN. UNP untuk lulusan tahun pelajaran 2014/2015 telah berlangsung pada bulan Februari 2016, sedangkan UNP untuk lulusan tahun pelajaran 2015/2016 akan diselenggarakan pada bulan Agustus 2016.

Indeks Integritas UN SMA/Sederajat Tahun 2016 Meningkat

Terbit pada .

kemdikbudJakarta, Kemendikbud --- Sudah dua tahun ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melakukan terobosan dengan mengukur indeks integritas dalam penyelenggaraan ujian nasional (UN). Pada tahun 2016 ini, indeks integritas UN (IIUN) meningkat dibanding tahun lalu, namun nilai capaian atau nilai rerata UN menurun. Indeks integritas UN pada tahun 2015 mencapai 61,98, sedangkan indeks integritas UN tahun 2016 ini adalah 64,05, sehingga ada kenaikan sebesar 2,06 poin.

Mendikbud: Jangan Terpaku Kisi-kisi UN, Tuntaskan Belajar Sesuai Kurikulum

Terbit pada .

6Jakarta, Kemendikbud --- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan mengajak siswa dan guru lebih fokus menuntaskan pembelajaran sesuai kurikulum yang mereka gunakan, dibandingkan hanya terpaku belajar latihan soal-soal berdasarkan kisi-kisi ujian nasional (UN). Ia mengamati banyak terjadi proses belajar mengajar di kelas 9 dan 12 yang hanya fokus latihan penyelesaian soal-soal. "Kita ingin anak SMA belajar berdasarkan kurikulum SMA, bukan kurikulum UN. Selama ini banyak anak-anak hanya belajar berdasarkan kisi-kisi UN, akhirnya kisi-kisi itu membuat proses pembelajaran menjadi lebih sempit," kata Anies dalam konferensi pers terkait ujian nasional, Rabu (11/5/2016) di kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Jakarta.

Hasil UN Tingkat SMA dan Sederajat Diserahkan ke Panitia Provinsi

Terbit pada .

1Jakarta, Kemendikbud --- Hasil Ujian Nasional (UN) tingkat sekolah menengah atas (SMA) dan sederajat diserahkan ke panitia UN provinsi, Selasa (3/5) di kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Jakarta. Hadir dalam acara tersebut Ketua Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) Zainal Arifin Hasibuan, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemendikbud Totok Suprayitno, Inspektur Jenderal (Irjen) Kemendikbud Daryanto, Kepala Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) Kemendikbud Nizam, dan perwakilan panitia UN dari 34 provinsi. Penyerahan hasil UN secara simbolik diberikan oleh Kepala Balitbang kepada Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Sulawesi Barat, dan Maluku.

Jumlah SMP Penyelenggara UN Berbasis Komputer Naik 25 Kali Lipat

Terbit pada .

3Jakarta, Kemendikbud --- Jumlah sekolah menengah pertama (SMP) yang menyelenggarakan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) pada tahun ini meningkat drastis dibanding tahun sebelumnya. Peningkatan jumlah SMP penyelenggara UNBK pada tahun ini hampir mencapai 25 kali lipat dari tahun lalu, yaitu dari 40 sekolah menjadi 984 sekolah, atau bertambah sebesar 2.360 persen.

Siswa SMP Akui UN Berbasis Komputer Lebih Memudahkan

Terbit pada .

4Jakarta, Kemendikbud --- Jumlah SMP penyelenggara Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada tahun ini mencapai hampir 25 kali lipat dari tahun lalu, yaitu dari 40 sekolah menjadi 984 sekolah, atau bertambah sebesar 2.360 persen. Saat meninjau pelaksanaan UNBK di SMPN 30 Jakarta, Mendikbud Anies Baswedan sempat berbincang-bincang dengan siswa kelas IX yang menjadi peserta UN di sekolah tersebut. Sebagian siswa mengaku, penggunaan komputer lebih memudahkan mereka dalam menjalani ujian.