Puncak Hardiknas 2016, Tema “Semua Murid Semua Guru” untuk Jadi Pembelajar

Terbit pada .

8Jakarta, Kemendikbud --- Puncak peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2016 dirayakan di kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan juga di Mal FX Sudirman Jakarta, Minggu (29/5/2016). Perayaan ini dimeriahkan berbagai penampilan yang disajikan oleh pelajar sekolah hingga pegiat pendidikan. Selain itu, dalam rangkaian acara tersebut juga ada pemberian penghargaan bagi para pelaku pendidikan.

Dengan tema besar “Nyalakan Pelita, Terangkan Cita-cita”, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan mengajak masyarakat yang hadir untuk menyalakan kembali semangat pendidikan. “Semangat pendidikan adalah berhenti mengutuk kegelapan. Nyalakan pelita. Lalu insya Allah pelita yang menyala, pendidikan yang membukakan perspektif akan membuat cita-cita muncul,” kata Mendikbud.

Sepanjang bulan Mei, yang dirayakan sebagai bulan pendidikan dan kebudayaan (Bulan Dikbud), terdapat tema yang berbeda di setiap minggunya. Untuk di minggu terakhir ini, temanya adalah “Semua Murid, Semua Guru”, yang berarti kita semua adalah murid dan juga kita semua adalah guru. Melalui tema tersebut, Menteri Anies mengajak kita semua untuk menjadi “pembelajar”.

“Kalau kita jadi pembelajar, maka insya Allah bangsa ini akan maju berkembang. Karena semuanya akan menggunakan apa yang dijalani menjadi pengalaman, apa yang dijalani menjadi hikmah, dan apa yang dijalani menjadi pengetahuan bagi semua,” katanya.

Terakhir, Mendikbud berpesan agar kita berhenti berpikir tentang menyumbangkan kepada Indonesia. Tetapi mengembalikan kepada Indonesia, karena kita telah menerima banyak dari Indonesia. “Dari Indonesia kita terdidik, dari Indonesia kita tercerdaskan, dari Indonesia kita tersejahterakan,” tutur Mendikbud. Ia juga mengajak agar di bulan-bulan selanjutnya, kehadiran dan kegiatan kita sebagai warga negara adalah dalam rangka mengembalikan untuk Indonesia.

Selain melibatkan pihak internal Kemendikbud, puncak peringatan Hardiknas 2016 juga melibatkan 108 komunitas pendidikan yang bekerja sama dengan Kemendikbud, termasuk mempersiapkan acara puncak Bulan Pendidikan dan Kebudayaan yang diselenggarakan di dua lokasi, yaitu kantor Kemendikbud dan Mal FX Sudirman.

sumber: www.kemdikbud.go.id