Presiden Joko Widodo: Guru Adalah Kunci Pembentukan Karakter Bangsa

Terbit pada .

4Sentul-Jawa Barat, Kemendikbud — Guru selain dapat mengajarkan ilmu pengetahuan, tetapi juga harus dapat menanamkan karakter bangsa pada anak didiknya. Pernyataan tersebut disampaikan Presiden Joko Widodo saat memberikan sambutan dalam puncak acara Peringatan Hari Guru Nasional dan Hari Ulang Tahun Ke-71 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Tahun 2016, di Auditorium Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Jawa Barat, (27/11/2016).

Peran Sejarah dalam Penguatan Karakter Bangsa Perlu Terus Didorong

Terbit pada .

2Jakarta, Kemendikbud --- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy  menekankan pentingnya terus mendorong peningkatan peran sejarah dalam penguatan karakter bangsa Indonesia. Konferensi Nasional Sejarah (KNS) ke-10 yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) salah satu tujuannya untuk mendorong peran sejarah dalam penguatan karakter bangsa.

Simposium Bertema "Guru Mulia Karena Karya" Resmi Dibuka

Terbit pada .

5Bogor, Kemendikbud --- Sebagai salah satu bentuk kegiatan dalam rangkaian acara Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2016, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyelenggarakan Simposium Guru dan Tenaga Kependidikan. Simposium tersebut resmi dibuka oleh Direktur Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK), Sumarna Surapranata, di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Jawa Barat, Sabtu pagi (26/11/2016). Simposium dengan tema "Guru Mulia Karena Karya" ini diikuti sekitar 2.000 guru dari seluruh Indonesia.

Kunci Kemajuan Sekolah: Guru, Kepsek, dan Komite Sekolah

Terbit pada .

1Bulungan, Kaltara, Kemendikbud --- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengatakan, kunci kemajuan sekolah ada pada tiga komponen, yaitu guru, kepala sekolah (kepsek), dan komite sekolah. Terkait guru, Mendikbud berharap guru dapat meningkatkan kualitas dan profesionalismenya sehingga dapat mengajar generasi bangsa dengan lebih baik lagi.
 

Presiden: Matematika dan Sains Kerangka Utama Kemajuan dan Inovasi

Terbit pada .

kemdikbudTangerang, Kemendikbud --- Presiden Joko Widodo dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy menghadiri pembukaan Olimpiade Internasional Sains dan Matematika Tingkat Sekolah Dasar atau International Mathematics and Science Olympiad (IMSO) for Primary School 2016 di Kota Tangerang, Banten, (9/11/2016). Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengatakan bahwa matematika dan sains merupakan kerangka utama kemajuan dan inovasi.
 

Kemendikbud Gelar Upacara Peringatan Hari Guru Nasional 2016

Terbit pada .

6Jakarta, Kemendikbud --- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menggelar upacara bendera peringatan Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2016 di halaman kantor Kemendikbud Jakarta, Jumat (25/11/2016). Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy bertindak sebagai pembina upacara dalam upacara HGN tersebut. Upacara berlangsung khidmat, dimulai pukul 07.30 WIB. 
 

Pelajar Harus Memiliki Budaya Literasi

Terbit pada .

3Jakarta, Kemendikbud – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy menghadiri pembukaan Muktamar Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) yang ke-20 di Samarinda, Kalimantan Timur, Senin (14/11/16). Dalam sambutannya, Mendikbud berpesan agar para pelajar tidak meninggalkan budaya literasi atau budaya membaca.  

Hari Guru Nasional, 52 Guru Terima Tanda Kehormatan "Satyalencana Pendidikan"

Terbit pada .

kemdikbudSentul, Jawa Barat, Kemendikbud --- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy menganugerahkan tanda kehormatan "Satyalencana Pendidikan" kepada 52 guru dan tenaga kependidikan dari seluruh Indonesia. Satyalencana Pendidikan diberikan sebagai dharma bakti guru dan tenaga kependidikan pada jalur formal dan nonformal yang melaksanakan tugas paling singkat delapan tahun secara terus menerus dan berprestasi luar biasa di bidangnya masing-masing yang diakui oleh masyarakat, pemerintah, badan/lembaga baik nasional maupun internasional.