Kemendikbud Gelar Upacara Peringatan Hari Guru Nasional 2016

Terbit pada .

6Jakarta, Kemendikbud --- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menggelar upacara bendera peringatan Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2016 di halaman kantor Kemendikbud Jakarta, Jumat (25/11/2016). Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy bertindak sebagai pembina upacara dalam upacara HGN tersebut. Upacara berlangsung khidmat, dimulai pukul 07.30 WIB. 
 
Dalam sambutannya, Mendikbud menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya atas dedikasi, komitmen, dan segala ikhtiar yang telah dilakukan oleh para guru, pamong, dan tenaga kependidikan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. "Selamat memperingati Hari Guru Nasional tahun 2016 dan HUT ke-71 PGRI," kata Mendikbud.
 
Mendikbud menambahkan, guru memiliki peran yang sangat mulia dan sangat strategis. Oleh sebab itu, Mendikbud mengajak kepada seluruh guru dan tenaga kependidikan Indonesia untuk bangga terhadap profesinya tersebut. Sejak ditetapkannya Undang-undang Nomor 14 Tahun 2015, tentang Guru dan Dosen, maka secara resmi guru dinyatakan sebagai pekerja profesional.
 
"Harus diakui bahwa hingga kini profesionalisme guru di Indonesia masih belum memenuhi harapan. Masih diperlukan upaya-upaya yang lebih keras agar pekerjaan guru sebagai pekerjaan yang profesional di masa yang akan datang, dan pemerintah akan terus mengupayakan banyak hal agar para guru semakin profesional. Namun upaya itu akan sia-sia belaka tanpa keinginan keras dari pihak guru itu sendiri," ujar Muhadjir.
 
Upacara bendera Peringatan HGN tahun ini didukung sejumlah sekolah menengah atas (SMA) di Jakarta untuk pasukan pengibar bendera dan paduan suara. Beberapa SMA yang mendukung terlaksananya upacara HGN 2016 yaitu SMAN SMAN 3 Jakarta, SMAN 39 Jakarta, SMAN 49 Jakarta, dan SMA K 3 BPK Penabur Jakarta.