Kemendikbud dan BNSP Siapkan Sertifikasi Kompetensi untuk Pendidikan Nonformal

Terbit pada .

kemdikbudJakarta, Kemendikbud – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Kepala Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) sepakat untuk bekerja sama dalam menyiapkan sertifikasi kompetensi bagi peserta didik pendidikan nonformal. Kesepakatan tersebut bertujuan untuk mewujudkan dan memastikan peserta didik pendidikan nonformal yang kompeten sesuai dengan kebutuhan pasar kerja.

Program Penguatan Pendidikan Karakter Segera Diuji Coba

Terbit pada .

5Jakarta, Kemendikbud --- Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) akan segera diuji coba akhir tahun 2016 ini. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengatakan bahwa sekolah ujicoba sudah ditetapkan, kajian akademik dan pedoman sudah selesai, sedangkan petunjuk pelaksanaan sedang dalam penyempurnaan.

DPR Sepakati 39,82 Triliun untuk Anggaran Kemendikbud Tahun 2017

Terbit pada .

2Jakarta, Kemendikbud --- Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy menyepakati anggaran Kemendikbud untuk tahun 2017 sebesar Rp39,82 triliun. Anggaran tersebut akan digunakan antara lain untuk pelaksanaan Program Indonesia Pintar (PIP) dan pembangunan unit sekolah baru (USB) serta ruang kelas baru.

Semangat Bersama Indonesia-Iran-RRT Lestarikan Warisan Budaya TakBenda

Terbit pada .

4Denpasar, Kemendikbud --- Upaya pelestarian warisan budaya takbenda belum segencar pelestarian warisan budaya benda. Strategi untuk menonjolkan warisan budaya tak benda diperlukan. Hal itupun menjadi kesepakatan bersama antara Indonesia, Iran, dan Republik Rakyat Tiongkok (RRT), dalam diskusi kebudayaan di World Culture Forum (WCF) atau Forum Budaya Dunia Tahun 2016.

Rapat Kerja Mendikbud dengan DPD RI Bahas Penguatan Pendidikan Karakter

Terbit pada .

5Jakarta, Kemendikbud --- Komite III Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menggelar rapat kerja (raker) tentang Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dan Perkembangan Implementasi Kurikulum 2013. Dalam raker tersebut, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy menegaskan, program Penguatan Pendidikan Karakter bukan berarti menambah jam pelajaran siswa di sekolah, seperti yang dikhawatirkan banyak pihak yang mengaitkannya dengan konsep full day school. Melalui Penguatan Pendidikan Karakter di sekolah, akan dibuat semboyan “Sekolah adalah Rumah Kedua”.