Jaringan Penelitian Pendidikan

A.  PERLUNYA JARLIT PENDIDIKAN

      1. Tidak bisa dipungkiri bahwa selama ini banyak kebijakan pendidikan yang kurang tepat sehingga sulit dalam 
          pelaksanaannya. Salah satu sebab dari kondisi tersebut adalah kurang kuatnya suatu kebijakan yang dibuat 
          atas dukungan hasil-hasil penelitian. Untuk tujuan tersebut, Jarlit yang digegas oleh Pusat Penelitian Kebijakan 
          ini diharapkan mampu menjadi pemasok informasi bagi penyusunan kebijakan yang lebih baik di masa depan.

      2. Kemandirian daerah yang semakin meningkat sebagai dampak keberhasilan program otonomi daerah
          memerlukan media untuk membangun kemitraan baik vertical maupun horizontal. Jarlit merupakan salah satu
          media potensial yang akan mampu 
menjadi penghubung antar lembaga pendidikan baik vertical maupun
          horizontal tersebut, sehingga kegiatan pendidikan dapat berjalan secara sinergis.

      3. Keadaan luasnya wilayah kepulauan dan keragaman budaya Indonesia merupakan keunikan tersendiri yang
          tidak dimiliki bangsa lain. Kekayaan akan keberagaman ini patut dikelola secara terencana dan berkelanjutan
          agar tercipta kesiapan dalam menghadapi era globalisasi. Sistem pendidikan memiliki peranan yang kuat
          dalam penyiapan sumber daya manusia yang kompeten dan berdaya saing tinggi, Kebijakan pendidikan
          memegang peranan yang sangat penting dalam mendukung terwujudnya generasi mendatang yang
          kompeten tsb. Untuk memperoleh kebijakan yang terarah, tepat sasaran, dan efektif, suatu kebijakan harus
          disusun berdasarkan hasil-hasil penilaian
.

 B.    VISI JARLIT PENDIDIKAN 

          Membangun kebijakan pendidikan melalui penelitian.

 

C.   APA MANFAAT JARLIT? 

        Setiap elemen kelembagaan terkait satu sama lain dan saling membutuhkan. Oleh karena itu keberadaan
       suatu jaringan merupakan kebutuhan di masa kini dan masa yang akan dating. Tidak terkecuali kebutuhan
       akan jaringan penelitian, terutama penelitian untuk kebijakan karena fungsinya sangat penting bagi
       pengambilan kebijakan pendidikan. Oleh karena itu, Jarlit bermanfaat antara lain sebagai:

  1. Pusat penyebaran informasi tentang isu-isu actual pendidikan
  2.  Sarana komunikasi antara Pusat dan Daerah serta antara dan daerah.
  3.  Sarana efektif penyebaran dan pertukaran informasi penelitian pendidikan.
  4. Sarana kerjasama kegiatan penelitian pendidikan.
  5. Sarana peningkatan kemampuan meneliti. 
  6.  Sarana peningkatan kemampuan analisis kebijakan 
  7.  Forum penelitian kebijakan pendidikan 

 Bagaimana Kegiatan Jarlit?

 Kegiatan Jarlit yang dilakukan oleh Pusat Penelitian Kebijakan (Puslitjak), Balitbang, Kemdikbud, diantaranya
 sebagai berikut:

  1. Pelatihan metode penelitian pendidikan
  2.  Pelatihan analisis data: kualitatif dan kuantitatif
  3.  Pelatihan analisis kebijakan pendidikan
  4.  Pelatihan penulisan karya ilmiah
  5.  Roadmapping
  6.  Kerjasama Internasional
  7.  Simposium Nasional Penelitian Pendidikan
  8.  Rakornas Jarlitbang
  9.  Penerbitan 3 jurnal hasil penelitian: Kebijakan Pendidikan, Penelitian Evaluasi, dan Inovasi Pendidikan

  D.   PENGORGANISASIAN JARLIT PENDIDIKAN

         Jarlit melakukan kerjasama di bidang pendidikan dengan unit-unit terkait baik di tingkat pusat, provinsi,
         maupun kabupaten/kota. Struktur organisasi Jarlit adalah sebagai berikut:

  •  Pusat Penelitian Kebijakan (Puslitjak) Balitbang Kemdikbud sebagai koordinator tingkat nasional.
  •  Balitbangda/Bappeda sebagai koordinator di tingkat provinsi dan kabupaten/kota.
  •  Dinas pendidikan provinsi, dinas pendidikan kabupaten/kota, kanwil/kantor agama, dan perguruan tinggi
     sebagai anggota. Keanggotaan lain berasal dari berbagai kelembagaan pendidikan dan atau peneliti yang
     tertarik untuk bergabung