Sayembara Penulisan Naskah Buku Pengayaan

Terbit pada .

Perkembangan penulisan buku pendidikan, khususnya buku pengayaan telah mulai meningkat, baik dalam jumlah maupun mutu secara nasional. Namun, kondisi lingkungan yang ada belum mendorong gairah penulisan buku-buku pengayaan untuk mendukung pendidikan. Pada saat ini yang marak ditemui lebih banyak buku-buku pengayaan dari hasil terjemahan.

Dilihat dari perspektif perkembangan budaya nasional serta pendidikan untuk masa depan, sudah sewajarnya digalakkan kegiatan penulisan buku-buku pengayaan hasil karya penulis Indonesia sendiri. Kegiatan-kegiatan tersebut dapat dilakukan dalam bentuk lomba atau  sayembara penulisan naskah buku pengayaan. Kegiatan lomba atau sayembara merupakan  wadah untuk menggali, mengembangkan, dan mendayagunakan potensi menulis di kalangan pendidik dan tenaga kependidikan. Melalui kegiatan lomba atau sayembara penulisan naskah buku pengayaan, akan diperoleh naskah-naskah yang bermutu serta lahir para penulis buku pengayaan dari tanah air yang akan turut berperan dalam upaya memajukan pendidikan nasional untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

Pemerintah telah berupaya meningkatkan mutu buku mengingat buku merupakan salah satu sarana penting dalam pendidikan. Dengan membaca buku, para siswa dapat belajar secara mandiri untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman mereka. Dengan membaca buku dan bahan bacaan bermutu, akan dapat ditingkatkan kualitas sumber daya manusia guna mendukung pembangunan nasional. Salah satu bentuk penyediaan bahan bacaan yang bermutu adalah dengan melaksanakan kegiatan sayembara penulisan naskah buku pengayaan.

Naskah Buku Pengayaan Memuat Materi yang dapat Memperkaya dan Meningkatkan Penguasaan Ipteks, Keterampilan, dan Membentuk Kepribadian Peserta Didik . Kegiatan sayembara penulisan naskah buku pengayaan ini diharapkan dapat menambah tersedianya buku pengayaan yang berkualitas dan bermanfaat bagi siswa untuk jenjang pendidikan dasar dan menengah serta dalam rangka menunjang wajib belajar 9 tahun, dan terwadahinya kreativitas pendidik dan tenaga kependidikan dalam menulis, khususnya menulis buku pengayaan.

Tujuan Sayembara Penulisan Naskah Buku Pengayaan :
Menggali, mengembangkan, dan mendayagunakan potensi menulis di kalangan pendidik dan tenaga kependidikan serta mengarahkannya pada upaya memajukan pendidikan dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.

Sasaran :
Menghasilkan naskah buku pengayaan fiksi dan nonfiksi yang bermutu dan bermanfaat bagi siswa untuk jenjang pendidikan dasar dan menengah.

Pelaksanaan
Pelaksanaan Sayembara Penulisan Naskah Buku bacaan dari tahun 1988/1989 s.d. 2000 secara bertingkat yaitu penilaian di tingkat provinsi, dari hasil penilian tersebut dipilih naskah provinsi untuk dikirimkan ke tingkat pusat.
Dari tahun 2001 s.d. 2009 ini pelaksanaan sayembara dilakukan secara terpusat. Hal ini dikarenakan diberlakukan kebijakan otonomi daerah.

Jenis Naskah
Jenis naskah yang disayembarakan dari awal pelaksanaan sayembara terjadi perubahan yaitu:
1. Tahun 1988/1989 s.d. 1993/1994 jenis naskah yang disayembarakan adalah naskah buku teks pelengkap untuk tingkat SD/MI, SMP/MTS, dan SMA/MA.
2. Tahun 1994/1995 s.d 2007 jenis naskah yang disayembarakan adalah naskah buku bacaan fiksi dan nonfiksi untuk tingkat SD/MI, SMP/MTS, dan SMA/MA.
3. Tahun 2007 s.d. sekarang jenis naskah yang disayembarakan adalah naskah buku pengayaan yang terdiri dari pengayaan pengetahuan, pengayaan keterampilan, damn pengayaan kepribadian.

Pemanfaatan Naskah Pemenang Sayembara
 

Tahun

Naskah Pemenang

Status

1988 - 2005

367

Sudah terbit dan Didistribusikan ke Sekolah

2006 - 2010

235

Belum terbit