Tentang PISA

PISA (Programme for International Student Assessment)

PISA merupakan studi internasional tentang prestasi literasi membaca, matematika, dan sains siswa sekolah berusia 15 tahun. Studi ini diselenggarakan oleh OECD (Organization for Economic Cooperation and Development) beserta konsorsium internasional yang membidangi masalah sampling, instrumen, data, pelaporan, dan sekretariat. Peserta adalah negara OECD dan partners. Pada tahun 2012 jumlah negara peserta ialah 65. Pengumpulan data (main survei) berikutnya, tahun 2015, akan dikuti 72 negara.

Pengumpulan data (main survei) PISA diselenggarakan setiap tiga tahun sekali, yaitu tahun 2000, 2003, 2006, 2009, 2012 dan 2015. Indonesia berpartisipasi sejak tahun 2000 sampai sekarang. Meskipun demikian, kegiatan PISA berlangsung setiap tahun. Hal ini karena adanya tahapan dalam pelaksanan studi tersebut, yaitu:

Tahun I : Penentuan Framework Studi dan Penyusunan instrumen

Tahun II: Translasi dan Adaptasi, ujicoba, pengolahan hasil ujicoba, penentuan sampel Survei Utama

Tahun III: Persiapan pengumpulan data, Survei utama, skoring, pengelolaan data di tingkat negara

Tahun IV: Pengelolaan data di Tingkat internasional dan pelaporan hasil

Tujuan keikutsertaan dalam studi ini adalah untuk membandingkan kemampuan siswa Indonesia dengan siswa negara lain peserta studi ini. Informasi mengenai pencapaian ini akan dapat membantu pengambil kebijakan dalam menyusun kebijakan yang berhubungan dengan peningkatan mutu pendidikan di Indonesia. Disamping itu, keikutsertaan di dalam kegiatan ini dapat juga dijadikan sebagai media untuk saling bertukar informasi dan saling belajar dengan negara lain sehingga dapat dijadikan sebagai masukan untuk peningkatan program pembelajaran di Indonesia.