Survei Internasional PISA

Terbit pada .

PISA (PROGRAMME FOR INTERNATIONAL STUDENT ASSESSMENT}

 
 
Apa itu PISA?
PISA (Programme for International Student Assessment) adalah studi internasional tentang prestasi literasi membaca, matematika, dan sains siswa sekolah berusia 15 tahun. Studi ini dikoordinasikan oleh OECD (Organisation for Economic Cooperation and Development) yang berkedudukan di Paris, Perancis. 
PISA merupakan studi yang diselenggarakan setiap tiga tahun sekali, yaitu pada tahun 2000, 2003, 2006, 2009, dan seterusnya. Indonesia mulai sepenuhnya berpartisipasi sejak tahun 2000. Pada tahun 2000 sebanyak 41 negara berpartisipasi sebagai peserta sedangkan pada tahun 2003 menurun menjadi 40 negara dan pada tahun 2006 melonjak menjadi 57 negara.
 
Dalam melakukan studi ini, setiap negara harus mengikuti prosedur operasi standar yang telah ditetapkan, seperti pelaksanaan uji coba dan survei, penggunaan tes dan angket, penentuan populasi dan sampel, pengelolaan dan analisis data, dan pengendalian mutu. Desain dan implementasi studi berada dalam tanggung jawab konsorsium internasional yang beranggotakan the Australian Council for Educational Research (ACER), the Netherlands National Institute for Educational Measurement (Citogroep), the National Institute for Educational Policy Research in Japan (NIER), dan WESTAT United States.
 
Tujuan
Tujuan PISA adalah untuk mengukur prestasi literasi membaca, matematika, dan sains siswa sekolah berusia 15 tahun di negara-negara peserta. Bagi Indonesia, manfaat yang dapat diperoleh antara lain adalah untuk mengetahui posisi prestasi literasi siswa Indonesia bila dibandingkan dengan prestasi literasi siswa di negara lain dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Oleh karena itu, hasil studi ini diharapkan dapat digunakan sebagai masukan dalam perumusan kebijakan untuk peningkatan mutu pendidikan.
 
Apa yang diukur?
Dasar penilaian prestasi literasi membaca, matematika, dan sains dalam PISA memuat pengetahuan yang terdapat dalam kurikulum dan pengetahuan yang bersifat lintas kurikulum. Masing-masing aspek literasi yang diukur adalah sebagai berikut:
 
Membaca: memahami, menggunakan, dan merefleksikan dalam bentuk tulisan.
Matematika: mengidentifikasikan dan memahami serta menggunakan dasar-dasar matematika yang diperlukan seseorang dalam menghadapi kehidupan sehari-hari.
Sains: menggunakan pengetahuan dan mengidentifikasi masalah untuk memahami fakta-fakta dan membuat keputusan tentang alam serta perubahan yang terjadi pada lingkungan.
 
Populasi dan Sampel
Populasi dalam studi ini adalah seluruh siswa sekolah yang berusia 15 tahun di Indonesia. Penentuan sampel dilakukan berdasarkan tiga strata, yaitu jenis sekolah (SMP/MTs/SMA/MA/SMK), status sekolah (Negeri/Swasta), dan performance sekolah (Baik/Sedang/Kurang). Secara keseluruhan, sebanyak 350 SMP/MTs/SMA/MA/SMK negeri dan swasta, dengan kategori baik, sedang, dan kurang, terpilih sebagai sampel. Sekitar 8.000 - 10.000 siswa berpartisipasi di setiap tahun putaran studi.
 
Pengumpulan Data
Pengumpulan data dilaksanakan pada bulan Maret-April pada setiap tahun putaran studi dan dilakukan secara bersamaan di sekolah-sekolah sampel. Siswa-siswa sampel diberikan buku tes untuk dikerjakan selama 120 menit. Setelah itu, siswa dan kepala sekolah diminta untuk mengisi angket.
 
Hasil
Tabel berikut menunjukkan peringkat prestasi literasi membaca, matematika, dan sains siswa antar-negara peserta (rata-rata skor internasioanal = 500 dan standar deviasi = 100):
 

Tabel 1. Skor Rata-rata Prestasi Literasi Membaca

 
     PISA 2000
     
     PISA 2003
     
     PISA 2006
 
                     
No.
Negara
Skor
 
No.
Negara
Skor
 
No.
Negara
Skor
                     
1
Finlandia
546
 
1
Finlandia
543
 
1
Korea Selatan
556
2
Kanada
534
 
2
Korea Selatan
534
 
2
Finlandia
547
3
Selandia Baru
529
 
3
Kanada
528
 
3
Hongkong
536
4
Australia
528
 
4
Australia
525
 
4
Kanada
527
5
Irlandia
527
 
5
Liechtenstein
525
 
5
Selandia Baru
521
6
Hongkong
525
 
6
Selandia Baru
522
 
6
Irlandia
517
7
Korea Selatan
525
 
7
Irlandia
515
 
7
Australia
513
8
Inggris
523
 
8
Swedia
514
 
8
Liechtenstein
510
9
Jepang
522
 
9
Belanda
513
 
9
Polandia
508
10
Swedia
516
 
10
Hongkong
510
 
10
Swedia
507
11
Austria
507
 
11
Belgia
507
 
11
Belanda
507
12
Belgia
507
 
12
Norwegia
500
 
12
Belgia
501
13
Islandia
507
   
Internasional
500
 
13
Estonia
501
14
Norwegia
505
 
13
Swis
499
   
Internasional
500
15
Prancis
505
 
14
Jepang
498
 
14
Swis
499
16
Amerika Serikat
504
 
15
Makau
498
 
15
Jepang
498
 
Internasional
500
 
16
Polandia
497
 
16
Taiwan
496
17
Denmark
497
 
17
Prancis
496
 
17
Inggris
495
18
Swis
494
 
18
Amerika Serikat
495
 
18
Jerman
495
19
Spanyol
493
 
19
Denmark
492
 
19
Denmark
494
20
Ceko
492
 
20
Islandia
492
 
20
Slovenia
494
21
Italia
487
 
21
Jerman
491
 
21
Makau
492
22
Jerman
484
 
22
Austria
491
 
22
Austria
490
23
Liechtenstein
483
 
23
Latvia
491
 
23
Prancis
488
24
Hungaria
480
 
24
Ceko
489
 
24
Islandia
484
25
Polandia
479
 
25
Hungaria
482
 
25
Norwegia
484
26
Yunani
474
 
26
Spanyol
481
 
26
Ceko
483
27
Portugis
470
 
27
Luksemburg
479
 
27
Hungaria
482
28
Rusia
462
 
28
Portugis
478
 
28
Latvia
479
29
Latvia
458
 
29
Italia
476
 
29
Luksemburg
479
30
Israel
452
 
30
Yunani
472
 
30
Kroasia
477
31
Luksemburg
441
 
31
Slowakia
469
 
31
Portugis
472
32
Thailand
431
 
32
Rusia
442
 
32
Lithuania
470
33
Bulgaria
430
 
33
Turki
441
 
33
Italia
469
34
Meksiko
422
 
34
Uruguay
434
 
34
Slowakia
466
35
Argentina
418
 
35
Thailand
420
 
35
Spanyol
461
36
Cili
410
 
36
Serbia
412
 
36
Yunani
460
37
Brasil
396
 
37
Brasil
403
 
37
Turki
447
38
Masedonia
373
 
38
Meksiko
400
 
38
Cili
442
39
INDONESIA
371
 
39
INDONESIA
382
 
39
Rusia
440
40
Albania
349
 
40
Tunisia
375
 
40
Israel
439
41
Peru
327
         
41
Thailand
417
               
42
Uruguay
413
               
43
Meksiko
410
               
44
Bulgaria
402
               
45
Serbia
401
               
46
Yordania
401
               
47
Rumania
396
               
48
INDONESIA
393
               
49
Brasil
393
               
50
Montenegro
392
               
51
Kolumbia
385
               
52
Tunisia
380
               
53
Argentina
374
               
54
Azerbeijan
353
               
55
Qatar
312
               
56
Kirgistan
285
 
Tabel 2. Skor Rata-rata Prestasi Literasi Matematika
 
 
     PISA 2000
     
     PISA 2003
     
     PISA 2006
 
                     
No.
Negara
Skor
 
No.
Negara
Skor
 
No.
Negara
Skor
                     
1
Hongkong
560
 
1
Hongkong
550
 
1
Taiwan
549
2
Jepang
557
 
2
Finlandia
544
 
2
Finlandia
548
3
Korea Selatan
547
 
3
Korea Selatan
542
 
3
Hongkong
547
4
Selandia Baru
537
 
4
Belanda
538
 
4
Korea Selatan
547
5
Finlandia
536
 
5
Liechtenstein
536
 
5
Belanda
531
6
Australia
533
 
6
Jepang
534
 
6
Swis
530
7
Kanada
533
 
7
Kanada
532
 
7
Kanada
527
8
Swis
529
 
8
Belgia
529
 
8
Makau
525
9
Inggris
529
 
9
Makau
527
 
9
Liechtenstein
525
10
Belgia
520
 
10
Swis
527
 
10
Jepang
523
11
Prancis
517
 
11
Australia
524
 
11
Selandia Baru
522
12
Austria
515
 
12
Selandia Baru
523
 
12
Belgia
520
13
Denmark
514
 
13
Ceko
516
 
13
Australia
520
14
Islandia
514
 
14
Islandia
515
 
14
Estonia
515
15
Liechtenstein
514
 
15
Denmark
514
 
15
Denmark
513
16
Swedia
510
 
16
Prancis
511
 
16
Ceko
510
17
Irlandia
503
 
17
Swedia
509
 
17
Islandia
506
 
Internasional
500
 
18
Austria
506
 
18
Austria
505
18
Norwegia
499
 
19
Jerman
503
 
19
Slovenia
504
19
Ceko
498
 
20
Irlandia
503
 
20
Jerman
504
20
Amerika Serikat
493
   
Internasional
500
 
21
Swedia
502
21
Jerman
490
 
21
Slowakia
498
 
22
Irlandia
501
22
Hungaria
488
 
22
Norwegia
495
   
Internasional
500
23
Rusia
478
 
23
Luksemburg
493
 
23
Prancis
496
24
Spanyol
476
 
24
Polandia
490
 
24
Inggris
495
25
Polandia
470
 
25
Hungaria
490
 
25
Polandia
495
26
Latvia
463
 
26
Spanyol
485
 
26
Slowakia
492
27
Italia
457
 
27
Latvia
483
 
27
Hungaria
491
28
Portugis
454
 
28
Amerika Serikat
483
 
28
Luksemburg
490
29
Yunani
447
 
29
Rusia
468
 
29
Norwegia
490
30
Luksemburg
446
 
30
Portugis
466
 
30
Lithuania
486
31
Israel
433
 
31
Italia
466
 
31
Latvia
486
32
Thailand
432
 
32
Yunani
445
 
32
Spanyol
480
33
Bulgaria
430
 
33
Serbia
437
 
33
Azerbeijan
476
34
Argentina
388
 
34
Turki
423
 
34
Rusia
476
35
Meksiko
387
 
35
Uruguay
422
 
35
Amerika Serikat
474
36
Cili
384
 
36
Thailand
417
 
36
Kroasia
467
37
Albania
381
 
37
Meksiko
385
 
37
Portugis
466
38
Masedonia
381
 
38
INDONESIA
360
 
38
Italia
462
39
INDONESIA
367
 
39
Tunisia
359
 
39
Yunani
459
40
Brasil
334
 
40
Brasil
356
 
40
Israel
442
41
Peru
292
         
41
Serbia
435
               
42
Uruguay
427
               
43
Turki
424
               
44
Thailand
417
               
45
Rumania
415
               
46
Bulgaria
413
               
47
Cili
411
               
48
Meksiko
406
               
49
Montenegro
399
               
50
INDONESIA
391
               
51
Yordania
384
               
52
Argentina
381
               
53
Kolumbia
370
               
54
Brasil
370
               
55
Tunisia
365
               
56
Qatar
318
               
57
Kirgistan
311
 
Tabel 3. Skor Rata-rata Prestasi Literasi Sains
 
 
     PISA 2000
     
     PISA 2003
     
     PISA 2006
 
                     
No.
Negara
Skor
 
No.
Negara
Skor
 
No.
Negara
Skor
                     
1
Korea Selatan
552
 
1
Finlandia
548
 
1
Finlandia
563
2
Jepang
550
 
2
Jepang
548
 
2
Hongkong
542
3
Hongkong
541
 
3
Hongkong
539
 
3
Kanada
534
4
Finlandia
538
 
4
Korea Selatan
538
 
4
Taiwan
532
5
Inggris
532
 
5
Liechtenstein
525
 
5
Estonia
531
6
Kanada
529
 
6
Australia
525
 
6
Jepang
531
7
Selandia Baru
528
 
7
Makau
525
 
7
Selandia Baru
530
8
Australia
528
 
8
Belanda
524
 
8
Australia
527
9
Austria
519
 
9
Ceko
523
 
9
Belanda
525
10
Irlandia
513
 
10
Selandia Baru
521
 
10
Liechtenstein
522
11
Swedia
512
 
11
Kanada
519
 
11
Korea Selatan
522
12
Ceko
511
 
12
Swis
513
 
12
Slovenia
519
13
Prancis
500
 
13
Prancis
511
 
13
Jerman
516
14
Norwegia
500
 
14
Belgia
509
 
14
Inggris
515
 
Internasional
500
 
15
Swedia
506
 
15
Ceko
513
15
Amerika Serikat
499
 
16
Irlandia
505
 
16
Swis
512
16
Hungaria
496
 
17
Hungaria
503
 
17
Makau
511
17
Islandia
496
 
18
Jerman
502
 
18
Austria
511
18
Belgia
496
   
Internasional
500
 
19
Belgia
510
19
Swis
496
 
19
Polandia
498
 
20
Irlandia
508
20
Spanyol
491
 
20
Slowakia
495
 
21
Hungaria
504
21
Jerman
487
 
21
Islandia
495
 
22
Swedia
503
22
Polandia
483
 
22
Amerika Serikat
491
   
Internasional
500
23
Denmark
481
 
23
Austria
491
 
23
Polandia
498
24
Italia
478
 
24
Rusia
489
 
24
Denmark
496
25
Liechtenstein
476
 
25
Latvia
489
 
25
Prancis
495
26
Yunani
461
 
26
Spanyol
487
 
26
Slowakia
493
27
Rusia
460
 
27
Italia
486
 
27
Islandia
491
28
Latvia
460
 
28
Norwegia
484
 
28
Latvia
490
29
Portugis
459
 
29
Luksemburg
483
 
29
Amerika Serikat
489
30
Bulgaria
448
 
30
Yunani
481
 
30
Slowakia
488
31
Luksemburg
443
 
31
Denmark
475
 
31
Spanyol
488
32
Thailand
436
 
32
Portugis
468
 
32
Lithuania
488
33
Israel
434
 
33
Uruguay
438
 
33
Norwegia
487
34
Meksiko
422
 
34
Serbia
436
 
34
Luksemburg
486
35
Cili
415
 
35
Turki
434
 
35
Rusia
479
36
Masedonia
401
 
36
Thailand
429
 
36
Italia
475
37
Argentina
396
 
37
Meksiko
405
 
37
Portugis
474
38
INDONESIA
393
 
38
INDONESIA
395
 
38
Yunani
473
39
Albania
376
 
39
Brasil
390
 
39
Israel
454
40
Brasil
375
 
40
Tunisia
385
 
40
Cili
438
41
Peru
333
         
41
Serbia
436
               
42
Bulgaria
434
               
43
Uruguay
428
               
44
Turki
424
               
45
Yordania
422
               
46
Thailand
421
               
47
Rumania
418
               
48
Montenegro
412
               
49
Meksiko
410
               
50
INDONESIA
393
               
51
Argentina
391
               
52
Brasil
390
               
53
Kolumbia
388
               
54
Tunisia
386
               
55
Azerbeijan
382
               
56
Qatar
349
               
57
Kirgistan
322
 
 
Tabel di atas menunjukkan bahwa rata-rata skor prestasi literasi membaca, matematika, dan sains siswa Indonesia berada signifikan di bawah rata-rata internasional. Untuk literasi membaca, Indonesia pada tahun 2000 berada di peringkat ke 39 dari 41 negara, tahun 2003 berada di peringkat ke 39 dari 40 negara, dan tahun 2006 berada di peringkat ke 48 dari 56 negara . Dengan jumlah negara peserta yang sama seperti dalam literasi membaca, untuk rata-rata skor prestasi literasi matematika posisi Indonesia tidak jauh berbeda. Siswa Indonesia pada tahun 2000 berada di peringkat ke 39, pada tahun 2003 berada di peringkat ke 38, dan pada tahun 2006 berada di peringkat ke 50. Begitu pula untuk rata-rata skor prestasi literasi sains, posisi Indonesia masih jauh di bawah rata-rata internasional. Siswa Indonesia pada tahun 2000 berada di peringkat ke 38, pada tahun 2003 berada di peringkat ke 38, dan pada tahun 2006 berada di peringkat ke 50. 
 
 
Posisi Indonesia dibandingkan negara-negara lain berdasarkan studi PISA:
Tahun
Studi
Mata Pelajaran
Skor Rata-rata Indonesia
Skor Rata-rata Internasional
Peringkat Indonesia
Jumlah Negara Peserta Studi
2000
Membaca
371
500
39
41
Matematika
367
500
39
Sains
393
500
38
2003
Membaca
382
500
39
40
Matematika
360
500
38
Sains
395
500
38
2006
Membaca
393
500
48
56
Matematika
391
500
50
57
Sains
393
500
50
2009
Membaca
402
500
57
65
Matematika
371
500
61
Sains
383
500
60
 
 
 
Informasi lebih lanjut dapat menghubungi:
Tim PISA Indonesia
Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang Kemdikbud
Jl. Gunung Sahari Raya No. 4
Jakarta Pusat 10710
Telp. (021) 3847537
Fax. (021) 3848821