Visi dan Misi Balitbang


Visi

"Tersedianya Rekomendasi Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan Berbasis Penelitian dan Pengembangan untuk Mendukung Terbentuknya Insan serta Ekosistem Pendidikan dan Kebudayaan yang Berkarakter dengan Berlandaskan Gotong Royong."


Misi

  1. Meningkatkan profesionalitas kelembagaan dan sumber daya untuk mendukung dan melaksanakan penelitian dan pengembangan yang bermutu dan relevan agar dapat digunakan sebagai acuan dalam kebijakan pembaharuan sistem pendidikan dan kebudayaan.
  2. Mengembangkan kurikulum dan pembelajaran serta perbukuan yang berkualitas dan relevan dengan tujuan pembangunan nasional.
  3. Mengembangkan sistem penilaian yang mencerdaskan dan mampu mendorong peningkatan mutu pendidikan yang terukur dan berkelanjutan.
  4. Mengembangkan sistem informasi manajemen mutu dan hasil penilaian pendidikan pada satuan pendidikan sebagai ekosistem proses pembudayaan dan peberdayaan peserta didik sesuai paradigma pembangunan pendidikan nasional.
  5. Meningkatkan standar nasional pendidikan dan sistem akreditasi yang akuntabel untuk mewujudkan cita-cita dan jadi diri bangsa sesuai kebutuhan akan peningkatan mutu, relevansi, dan efesiensi penyelenggaraan pendidikan dan kebudayaan dalam konteks kehidupan global.
  6. Mengembangkan sistem perumusan kebijakan dan inovasi pendidikan dan kebudayaan dalam membangun insan serta ekosistem pendidikan dan kebudayaan yang berkarakter berlandaskan gotong royong sebagai suatu Gerakan Pencerdasan Bangsa sesuai nilai-nilai Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika.