Tentang TIMSS

TIMSS (Trends in International Mathematics and Science Study)

Studi Internasional yang dirancang dan diorganisasikan oleh The International Association for Evaluation of International Achievement (IEA) untuk membandingkan prestasi Matematika dan IPA di beberapa negara, setiap 4 tahun sekali. Subyek penelitian TIMSS adalah siswa kelas IV SD (4th Grade) dan siswa kelas II SMP/MTs (8th Grade). Indonesia mengikuti TIMSS sejak tahun 1995 hanya untuk kelas II SMP/MTs (8th Grade). Pengumpulan data (main survey) yang dilakukan tahun 2015 hanya untuk kelas IV SD (4th Grade).

Tujuan keikutsertaan Indonesia dalam studi ini adalah untuk mendapatkan informasi mengenai kemampuan siswa-siswa di Indonesia di bidang Matematika dan IPA dibandingkan dengan negara-negara lainnya di dunia. Informasi tersebut dapat digunakan sebagai sumber acuan dalam menyusun kebijakan yang tujuannya untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam bidang Matematika dan IPA.

Untuk pelaksanaan kegiatan ini dilakukan tahapan-tahapan mulai dari pengumpulan data siswa, penyusunan instrumen survei, pengetikan dan layout, sampling kelas, entri dan cetak label, penggandaan, persiapan main survey, main survey, pemberkasan, pelatihan dan penskoran, entri, validasi dan cleaning, pengolahan hasil, verifikasi data dan pelaporan.